Dewi Hastarini & Lusy Estriani

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Posted on: Desember 12, 2012

Cara mengatasi rambut rontok

rambut

Kerontokan rambut atau hair loss pada wanita umumnya disebabkan karena perubahan hormon, kelebihan thyroid, gangguan pada pencernaan dan kurang darah. Tapi bisa juga sebagai akibat dari gaya hidup tidak sehat serta penataan rambut yang berlebihan dan tidak tepat. Cara mengatasi rambut rontok secara alami menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat, cara mengatasi rambut rontok dengan melakukan perawatan rutin harian bagi rambut anda agar tetap dalam kondisi prima serta terjaga segala kesehatannya dengan memberikan nutrisi yang tepat bagi rambut anda sehingga terhindar dari masalah rambut rontok.

Memiliki rambut kuat dan tidak mudah rontok menjadi dambaan siapa saja, dengan kondisi rambut rontok dikhawatirkan akan menjadi pemicu kebotakan pada rambut anda dikemudian hari. Cara mengatasi rambut rontok agar tetap sehat dan kuat selain dapat melakukan perawatan ekstra di salon kecantikan rambut, namun tidak ada salahnya jika anda menggunakan cara mengatasi rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah terdapat disekitar anda.

Rontoknya rambut kadang membuat kita khawatir, bahkan bisa membuat kita jadi stress jika kerontokan rambut tak kunjung henti. Nah untuk meminimalisir kerontokan rambut tersebut, berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya:

Pertama: Temui Dokter Spesialis Kulit
Anda disarankan untuk menemui dokter spesialis kulit jika mengalami kerontokan rambut parah pasca kelahiran, menopause, penurunan berat badan drastis, sakit parah atau operasi. Kerontokan rambut yang bersifat sementara ini bisa dikontrol dengan shampo dan suplemen yang telah diresepkan dokter.

Kedua: Gunakan Minoxidil
Anda bisa menggunakan hair tonic atau cairan yang mengandung Minoxidil. Caranya dengan mengusapkan cairan minoxidil ke kulit kepala, dua kali sehari. Minoxidil merupakan zat aktif yang membantu menumbuhkan dan mencegah rambut lebih banyak rontok. Tapi formulanya cukup keras dan bisa menimbulkan efek samping seperti iritasi kulit kepala atau rambut tumbuh di tempat-tempat yang tidak diinginkan seperti dahi atau wajah. Maka dari itu, penggunaan obat ini sebaiknya di bawah pengawasan dokter.

Ketiga: Transplantasi Rambut
Pada kasus kerontokan yang berakibat kebotakan permanen, transplantasi rambut bisa menjadi solusinya. Prosedur ini dilakukan dengan cara mengangkat sebagian kecil kulit yang di setiap pori-porinya terdapat beberapa helai rambut. Biasanya diambil dari bagian belakang atau samping kulit kepala. Kulit tersebut kemudian ditanamkan ke area kulit kepala yang botak. Transplantasi biasanya dilakukan beberapa kali untuk hasil yang maksimal.

Keempat: Ahli Pengobatan Herbal
Jika memilih pengobatan alami, Anda tetap harus berkonsultasi dengan ahlinya. Konsultasikan keluhan tentang rambut rontok Anda kepada ahli pengobatan herbal, atau herbologist. Mereka tahu bahan-bahan alami apa yang aman untuk mengatasi kerontokan rambut. Mulai dari penggunaan green tea, tea tree oil, atau bahan-bahan alami lainnya. Ikuti dosis dan cara pemakaiannya dengan hati-hati.

Kelima: Makan dengan Benar
Dr Ritu Mathur, spesialis rambut seperti dikutip dari Times of India mengatakan, Anda harus menjalani pola makan yang sehat dan kaya nutrisi untuk mencegah kerontokan semakin parah. Rekomendasi pertamanya adalah konsumsi makanan yang kaya zinc dan vitamin E.

Zinc banyak terdapat pada kedelai dan buncis. Sementara vitamin E, terkandung dalam asam lemak omega 3. Zinc yang didapat dari buncis berguna untuk penyerapan banyak vitamin. Kekurangan Zinc dapat menyebabkan ketombe dan menyebabkan rambut rontok. Sedangkan Vitamin E membantu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan Alami

» Teh
Teh hijau dengan kandungan antioksidan yang tinggi dapat anda manfaatkan untuk melindungi serta merawat rambut dari paparan polusi terlebih dari serangan UV yang dapat merusak rambut bahkan menyebabkan kerontokan. Teh melati misalnya, memiliki manfaat untuk menjaga bahkan membuat rambut anda semakin berkilau. Teh daun mint, berfungsi sebagai penyejuk bagi kulit kepala anda bahkan mampu mengangkat minyak berlebih serta kotoran penyebab ketombe dikulit kepala serta mengurangi rasa gatal. Mencuci rambut dengan teh ini dapat anda lakukan dengan mengendapkan air rebusan daun teh semalaman kemudian anda gunakan untuk mencuci rambut anda. Air teh yang sudah anda endapkan tersebut, dapat juga anda gosokkan pada kulit kepala. Lakukan cara mengatasi rambut rontok dengan menggunakan teh ini pada saat sebelum keramas.

» Alpukat
Cara mengatasi rambut rontok yang disebabkan oleh rambut kering dapat anda gunakan perawatan terhadap rambut rontok dengan memanfaatkan alpukat. Kandungan alami alpukat yang tinggi asam lemak serta nutrisi yang baik bagi rambut tentunya dapat menjaga kesehatan rambut anda serta mencegah rambut anda rontok. Gunakan alpukat ini sebagai masker untuk menutrisi rambut rontok pada perawatan harian rambut anda. Lumatkan alpukat yang sudah matang benar, hancurkan hingga benar-benar lembut atau hingga menjadi pasta. Usapkan secara merata dan menyeluruh pada rambut anda mulai dari akar hingga ujung rambut. Diamkan kurang lebih setengah jam lalu bilas rambut anda dengan menggunakan air bersih.

» Kemiri
Cara mengatasi rambut rontok bisa juga anda manfaatkan kemiri, minyak kemiri dapat memperbaiki serta mampu menguatkan akar rambut hingga tidak mudah rontok. Kandungan minyak yang terdapat pada kemiri sangat bagus sekali bagi akar rambut anda. Selain anda dapat membeli minyak kemiri anda juga dapat membuat minyak kemiri sendrii dirumah. Cara membuat minyak kemiri, ambil secukupnya kemiri lalu tumbuk kasar kemiri tersebut setelah itu kemiri kasar tadi sangrai menggunakan api yang sedang. Setelah disangrai, tumbuk kembali kemiri hingga halus benar hingga mengeluarkan minyak alami. Anda dapat menggunakan minyak kemiri ini pada saat creambath sebelum keramas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: